Thursday, September 27, 2012

Apa itu Exposure Compensation?

Sehebat-hebatnya kamera, saat menggunakan salah satu dari mode ini: mode program, shutter priority atau aperture priority, kamera bisa melakukan kesalahan dalam mengukur kondisi pencahayaan sebuah obyek foto. Seperti diterangkan dalam artikel mengenai sisterm metering, kamera memiliki kecenderungan membawa sebuah obyek foto mendekati warna 18% abu-abu. Inilah saatnya anda menggunakan exposure compensation.
Exposure compensation alias kompensasi exposure adalah cara untuk mememerintahkan kamera membiarkan lebih banyak/lebih sedikit cahaya masuk ke lensa terlepas dari hasil pengukuran lightmeter.

Mengakali Kelemahan Sistem Metering Kamera

Kelamaham sistem metering kamera yang membawa semua obyek ke 18 abu-abu artinya obyek foto yang didonimasi warna putih oleh kamera akan sedikit digelapkan sehingga menuju abu-abu sehingga foto secara keseluruhan menjadi under exposure sementara obyek foto yang didominasi warna hitam akan sedikit diterangkan menuju abu-abu sehingga foto secara keseluruhan menjadi over exposure.
Dengan exposure compensation kita bisa mengembalikan foto yang under ataupun over tadi sehingga warna putih akan kembali putih dan hitam kembali tampak hitam. Lihat contoh foto dibawah ini, warna putih pada salju akan membuat kamera mennghasilla foto yang under exposure, sehingga dibutuhkan kompensasi sebanyak +2/3 Ev (+2/3 stop) untuk membuat salju kembali tampak putih

0 comments:

Post a Comment

Tulis Komeng atau Kritik Anda Disini :D

 

Copyright © KlikByKlik Design by Septian Wiranata | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger